Kamis, 23 April 2015

Cara Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes atau Kencing Manis adalah penyakit yang diakibatkan oleh gangguan dalam metabolisme tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin yang sesuai kebutuhan tubuh. Tingginya kadar gula pada darah, maka kurangnya manfaat gula untuk tubuh anda sebagai sumber energi. Hampir 25% orang yang menderita diabetes tidak menyadari jika mereka menderita penyakit tersebut.

Semua orang yang berusia lebih dari 45 tahun, memiliki berat badan berlebih, atau memiliki riwayat keluarga menderita diabetes memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe-2.


Para ahli mengataskan bahwa penyakit diabetes tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti Keturunan, Diet, Malas beraktivitas,Terlalu banyak mengkonsumsi teh manis, Obesitas atau kegemukan, Stress / terlalu tegang, Kurang tidur, Stress / terlalu tegang, Suka ngemil, Gaya hidup kurang baik, dan Suka merokok.

Adapun Tanda-tanda munculnya penyakit kencing manis pada diri anda adalah sering dehindrasi, mudah haus terus-menerus, jika anda luka maka penyembuhannya lama, mudah kelelahan, dan penurunan berat badan.

Berikut Adalah Cara Mengurangi Resiko Diabetes, Diantaranya : 

  • Kurangi Berat Badan
    80% diabetes dialami oleh kelebihan berat badan. Di sebuah penelitian oleh para ahli mengatakan bahwa orang dewasa yang kegemukan, mengurangi resiko diabetes mereka sebesar 16% untuk setiap kilogram berat badan yang hilang. Jadi, upayakan berat badanmu dalam kisaran normal.
  • Porsi Makan yang Cukup
    Saat makan cobalah untuk menseleksi makanan mana yang terbaik untuk anda makan, dan jangan terlalu berlebihan saat makanan. Dan cobalah untuk mengatur waktu makan anda seperti, 3 kali sehari.
  • Hindari Merokok
    Selain berhubungan dengan diabets atau kencing manis, merokok juga dapat memicu munlunya penyakit jantung dan kenker paru-paru. Dan merokokpun dapat menurunkan kemampuan tubuh kita untuk memanfaatkan hormon pengatur kadar gula darah.
  • Sering-Sering Olahraga
    Dengan melakukan aktivitas ini maka kadar gula yang ada di dalam tubuh anda, akan membantu untuk mengantarkan glukosa ke bagian-bagian tubuh yang memerlukan energi.
  • Cobalah Cuka Apel
    Dua sendok makan cuka apel sehari dapat menurunkan lonjakan gula darah. Hal ini berdasarkan serangkaian penelitian oleh Carol Johnston, Ph.D., profesor dan direktur program gizi dari Arizona State University, yang menemukan bahwa cuka apel dapat menurunkan gula darah. Anda bisa menambahkan cuka apel pada makanan anda.
  • Ganti Daging Merah Dengan Kedelai
    Daging merah memang merupakan sumber protein, namun menurut sebuah penelitian di Boston menemukan bahwa makan daging merah meningkatkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita. Oleh sebab itu, gantilah daging merah dengan kedelai. Rasanya tidak sulit untuk menemukan makanan berbahan dasar kedelai, karena tentu anda tidak asing dengan tempe ataupun tahu. Protein pada kedelai dapat membantu mengatur kadar glukosa dan insulin, mengontrol berat badan, dan menurunkan kolesterol.
  • Kurangi Stres
    Para ahli percaya bahwa stres memiliki hubungan dengan meningkatnya gula darah sehingga dapat mengembangkan risiko diabetes. Oleh sebab itu, hindari hal-hal yang menyebabkan anda stres. Jikalau anda sedang dilanda stres, carilah solusi untuk mengatasi hal tersebut secepatnya, bisa dengan olahraga seperti renang atau mengonsumsi makanan-makanan yang dapat meredakan stres.
Catatan :
Jangan biarkan orang yang menderita penyakit diabetes menyendiri karena mereka juga butuh kita dan butuh perhatian dari kita.
Akhirnya artikel ini selesai saya perbaharui, sebenarnya artikel ini sudah banyak kita dapatkan dari berbagai sumber disini saya hanya memperbaharui (menambah) dari pengalaman saya sendiri. dan semoga bermanfaat buat kita semua. Terimakasih ^_^ 

0 komentar:

Posting Komentar