Kamis, 30 April 2015

Manfaat Konsumsi Buah Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Konsumsi Buah Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Alpukat adalah buah yang bentuknya menyerupai buah pir dan dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan dari berbagai penjuru dunia. Buah berdaging yang berasal dari Meksiko, Guam, dan Amerika Tengah ini telah di budidaya sejak jaman dahulu. Buah ini mengandung segudang nutrisi alami sehingga sering digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan dengan ramuan tradisional, dan juga dapat dijadikan bahan alami untuk merawat kulit (tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan).

Para ahli di Loma Linda University melakukan penelitian apakah menambahkan alpukat segar untuk makan siang memiliki efek pada respon insulin, kadar gula darah, dan perasaan kenyang lebih lama. Temuan awal mereka telah menentukan,  bahwa memang ada dasar untuk dilakukan  penelitian lebih lanjut tentang manfaat makan alpukat untuk mengganti beberapa bagian makanan.

The Hass Avocado Board ( HAB ) secara finansial juga mendukung beberapa uji klinis untuk mengetahui apakah ada hubungan antara peningkatan konsumsi alpukat dan efek positif pada diabetes, pengelolaan berat badan, dan faktor risiko penyakit jantung.

Alpukat merupakan salah satu buah yang dianggap sebagai makanan diet komplit untuk bayi. Di dalam buah alpukat mengandung lebih dari 25 nutrisi penting termasuk vitamin (A, B, C, E, dan K) dan senyawa seperti potasium, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Selain itu, buah alpukat juga mengandung protein esensial, serat, dan phytochemical yang berfungsi sebagai glutathione, lutein, dan beta-sitosterol. Namun, para ahli medis lebih menyarankan kita untuk membeli buah alpukat di tempat yang penjualnya sudah mengerti betul akan khasiat dari alpukat karena alpukat juga mengandung banyak kalori, sehingga jika di konsumsi terlalu berlebih dapat menambah berat badan secara cepat tanpa disadari.

Sambil menunggu hasil dari studi terbaru tentang buah alpukat, ada baiknya anda juga tahu manfaat konsumsi buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan yang sudah ditemukan.

Manfaat Konsumsi Buah Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan :


1. Mencegah Prostat, Kanker Payudara, dan Oral
Penelitian telah mengemukakan hasil bahwa alpukat dapat membantu mencegah perkembangan kanker payudara karena didalam alpukat terdapat kandungan senyawa minyak asamnya. Tak hanya itu, alpukat juga masih banyak mengandung senyawa yang bermanfaat ainnya sehingga sangat efektif untuk menghancurkan sel-sel kanker oral tanpa harus melakukan tindakan medis yang membahayakan nyawa. Alpukat juga dikenal khasiatnya untuk menghambat pertumbuhan kanker prostat.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat lain dari alpukat adalah untuk menjaga kesehatan mata. Adanya kandungan luetin di dalam alpukat dapat mencegah setiap gangguan pada mata serta dapat memberi perlindungan untuk mencegah mata katarak.

3. Mengatur kadar kolestrol dalam darah
Alpukat membantu mengatur kadar kolesterol darah karena adanya kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Hal ini terbukti dari berkurangnya jumlah kolesterol serta tingkat fosfolipid sekitar 20% apabila di konsumsi setiap hari.

4. Kesehatan Hati dan Jantung
Alpukat sangat membantu mempertahankan kesehatan hati. Kandungan folat dalam alpukat sangatlah penting untuk membebaskan diri dari penyakit jantung. Satu cangkir jus alpukat sudah dapat menjaga kestabilan tubuh Anda 23% dari kebutuhan folat dalam sehari. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan glutathione. Vitamin E dalam alpukat juga sangat bermanfaat bagi kesehatan hati manusia. Dalam beberapa kasus, alpukat juga dapat dijadikan makanan yang ideal untuk mencegah stroke.

5. Menyerap Nutrisi Lebih Baik
Alpukat sangat efektif dalam meningkatkan proses penyerapan nutrisi tertentu ditambah lagi dengan manfaatnya untuk memperbaiki sistem pencernaan manusia. Selain itu juga dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga berat badan.

6. Sumber Glutathione
Alpukat adalah sumber yang kaya akan Glutathione, dan antioksidan yang penting dalam mencegah penuaan, kanker, dan gangguan kesehatan pada jantung. Selain itu, kandungan vitamin E dapat menjaga berbagai macam masalah kesehatan.

7. Mengurangi dan Mencegah Kulit Keriput
Antioksidan dalam buah alpukat mendetoksifikasi tubuh Anda agar mengeluarkan semua racun atau toksin yang cenderung membuat kulit Anda menjadi keriput atau kering saat usia dini. Hal ini juga dapat membantu menghilangkan kerutan pada kulit dan membuatnya lebih bercahaya.

8. Mencerahkan Kulit
Kandungan vitamin A dalam alpukat dapat membantu membersihkan setiap sel-sel kulit yang mati. Asam amino glutamin juga berguna untuk memberi perlindungan yang cukup dari beberapa efek buruk akibat faktor lingkungan.

Manfaat Juice Alpukat Untuk Kecantikan


Diperkaya dengan manfaat yang menguntungkan, jus alpukat adalah minuman yang memiliki segudang manfaat untuk menambah energi tubuh yang hilang. Jus alpukat memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan merawat kulit dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa manfaat alpukat jika dijadikan sebagai jus :

9. Menyehatkan Kulit
Kulit bersinar dan sehat secara alami adalah manfaat utama yang diberikan dari vitamin A & E dalam jus alpukat. Para ahli medis dan perawat kulit merekomendasikan kita untuk mengkonsumsi jus alpkat untuk mengatasi kulit kusam dan merubahnya menjadi berkilau (bersih). Jus alpukat juga bisa dibilang sebagai obat alami yang bagus untuk mengatasi kulit kering.

10. Mengatasi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Jus alpukat juga memberi keuntungan pada pasien yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Cobalah untuk menjadikan jus alpukat sebagai menu diet rutin Anda.

11. Memberikan Nutrisi
Sama seperti buah atau dagingn, jus alpukat juga memiliki berbagai zat gizi tinggi. Satu gelas jus alpukat dapat menutrisi tubuh Anda dengan sebelas vitamin yang berbeda dan empat belas mineral penting termasuk potasium, zat besi, fosfor, dan masih banyak lagi.

Manfaat Minyak Alpukat Untuk Kecantikan


Minyak buah alpukat diesktraksi dari buah alpukat seutuhnya yang dapat merawat kecantikan kulit. Menggunakan minyak alpukat secara teratur dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit dan rambut dan membuatnya tanpak sehat, bersinar, dan bercahaya secara alami.

Minyak biji alpukat diperoleh dari biji tanaman alpukat juga memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti untuk merawat kulit dan rambut. Selain itu, sudah ditemukan dari sebagian besar produk kecantikan kulit yang menggunakan biji alpukat sebagai bahan utama yang nantinya dijadikan minyak. Berikut ini manfaat alpukat jika dijadikan minyak untuk kecantikan dan kesehatan :

12. Meremajakan Kulit Kepala
Jika kita membicarakan secara khusus akan manfaat alpukat untuk rambut, minyak alpukat juga dapat membantu meremajakan dan melembabkan kulit kepala. Salah satunya adalah untuk merevitalisasi rambut kering, rusak, dan tidak bernyawa sehingga rambut tampak berkilau dan terjaga kesehatannya. Selain itu, minyak alpukat juga menjadi sumber protein, asam amino, dan vitamin yang banyak.

13. Melembabkan Kulit
Produk perawatan kulit yang mengandung minyak alpukat sangat baik untuk mengatasi kulit kering dan membuatnya indah, serta dapat mempertahankan kelembaban kulit yang kering. Ini merupakan salah satu manfaat minyak alpukat untuk memelihara kulit dari dalam ke luar.

14. Meningkatkan Sistem Kekebalan Kulit
Juga banyak ahli kecantikan dan perawatan kulit yang merekomendasikan penggunaan minyak alpukat untuk wajah setiap hari agar menjaga tingkat kelembaban dan membuat wajah terlihat bercahaya sepanjang hari. Selain itu, vitamin E dalam alpukat juga membantu kita meningkatkan sistem kekebalan kulit terhadap stress dan bahaya lingkungan lainnya.

15. Memelihara Kulit
Minyak alpukat sangat mudah diserap sehingga dengan begitu secara otomatis akan menembus jauh ke dalam kulit Anda. Hal ini dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel baru dan juga membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh dan kulit.

16. Sunscreen
Minyak alpukat adalah tabir surya alami yang membuat kulit terjaga dari sinar UV yang berbahaya untuk kesehatan kulit.

17. Menangkal Radikal Bebas
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun ini menyimpulkan bahwa alpukat dapat membantu meningkatkan kemampuan sel untuk menangkal radikal bebas. Penelitian ini dilakukan pada ragi yang terkena radikal bebas, lalu diolesi dengan minyak alpukat dan alhasil para ahli medis percaya bahwa manfaat dari minyak alpukat juga berlaku untuk sel manusia.

18. Baik Untuk Hati
Diperkaya dengan sifat antioksidan yang bagus, minyak alpukat adalah bahan alami yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan hati. Tidak seperti minyak lainnya yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol darah, tetapi minyak alpukat justru bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol darah dalam tubuh. Hal ini terjadi karena adanya lemak tak jenuh tunggal yang membantu menetralisir kolesterol jahat dalam darah dan juga menjaga dari gangguan kardiovaskular.

19. Masker Rambut
Alpukat dapat dijadikan masker rambut dengan cara mengkombinasikan dengan kuning telur, minyak zaitun, dan yoghurt. Semua bahan tersebut dapat memelihara rambut, melembabkan kulit kepala, meremajakan kulit kepala, dan juga direvitalisasi.

20. Body Butter, Berikut ini cara membuatnya :
Ambil satu buah alpukat lalu kupas kulitnya dan masukkan kedalam mangkuk kecil. Lalu gunakan untuk mengolesi ke kulit Anda yang kasar seperti lutut, tumit, dan siku. Biarkan selama setengah jam lalu dibilas dengan air dingin.

21. Membersihkan Wajah, Berikut cara membuatnya :
Pertama-tama kocok telur sampai berbusa dan tambahkan susu bubuk dan tumbukan daging buah alpukat. Lalu aduk sampai menjadi seperti lotion. Gunakan lotion ini untuk membersihkan wajah Anda secara teratur. Manfaatnya adalah untuk menghilangkan toksin atau racun berbahaya yang menempel di kulit wajah Anda sehingga membuat wajah terlihat lebih muda dan berseri.

22. Scrub Tangan
Dengan mengkombinasikan alpukat bersama dengan lemon (agar wangi) dan oat yang membantu proses penyerapan agar lebih cepat dan mudah minyak alpukat dapat dimanfaatkan untuk membuat kulit tangan halus dan lembut.

Cara Pembuatan : ambil beberapa buah alpukat, tumbuk didalam mangkuk, tambahkan putih telur dan gandum. Peras jeruk nipis sampai keluar airnya, lalu masukkan kedalam mangkuk tadi. Aduk sampai rata, kemudian oleskan ke tangan secara menyeluruh sambil dipijat-pijat. Biarkan selama 20 - 25 menit, lalu cuci dengan air hangat untuk membersihkannya.

23. Masker Kulit (pelembab kulit)
Minyak alpukat juga bisa dijadikan sebagai masker kulit alami dengan mengkombinasikan beberapa bahan alami seperti lemon, putih telur, dan kulit alpukat. Lemon memberikan astringent alami dan mengontrol produksi minyak oleh kulit, sedangkan telur putih dapat memberikan efek cerah dan memelihara kulit dengan kandungan proteinnya. Minyak alpukatnya berfungsi untuk menyeimbangkan semua campuran.

Cara Pembuatan : untuk membuat masker kulit siapkan buah alpukat, putih telur, jus lemon. Blender semuanya sampai berbentuk seperti pasta/lotion. Gunakan sebagai masker ke kulit Anda, biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

24. Masker Mata (pelembab mata)
Alpukat juga dapat dijadikan sebagai masker pelembab mata, sehingga dapat mengatasi dehidrasi dan iritasi pada mata. Cara membuatnya tidaklah rumit, siapkan minyak alpukat lalu kombinasikan dengan gel lidah buaya. Aduk merata dan gunakan sebagai masker pada mata dengan cara mengoleskannya secara merata dibagian kulit luar mata (bukan menutupi mata). Biarkan selama 10 menit lalu hilangkan dengan cara menghapusnya menggunakan kain lembut dan air hangat.

Nah, itu dia beberapa manfaat konsumsi buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. Mudah-mudahan bermanfaat. Jangan lewatkan artikel-artikel terbaru kami.

1 komentar: