Rabu, 09 November 2016

Waspadai Kebiasaan Buruk Ini, Bisa Jadi Malah Merusak Mata

Mata adalah organ tubuh pada diri manusia yang sangat vital sekali, karena fungsinya adalah untuk indra pengelihatan, dimana diciptakannya mata untuk melihat hal hal yang sangat indah di dunia ini.


Untuk itulah, memiliki mata yang sehat merupakan dambaan semua orang. Namun banyak dari anda sekalian kurang menjaganya dengan baik. Salah satunya adalah seringnya membiasakan hal-hal yang buruk maka akan menyababkan berkurangnya kualitas mata anda.

Apa saja hal buruk yang dapat membuat mata anda menjadi rusak? Simak info berikut, dengan demikian anda dapat menghindari beberapa tindakan yang dapat merusak mata anda ini, dengan demikian anda akan mendapatkan mata yang tetap sehat dan indah.

Berikut Kebiasaan Buruk Yang Sering Anda Lakukan Dan Bisa Merusak Kesehatan Mata : 

  1. Berlama-lama Didepan Layar Monitor
    Berlama-lama di depan layar monitor seperti computer, laptop, notebook dan sebagainya membuat mata akan merasa mudah lelah, dan jika hal tersebut dibiasakan dan tidak segera diatasi, maka hal ini akan menjadi pemicu rusaknya mata anda. untuk mengatasinya, anda dapat mengurangi intensitas cahaya dari monitor sehingga tidak begitu terang dan tidak mudah merusak mata anda.
  2. Menonton TV Terlalu Lama Dengan Jarak Yang Terlalu Dekat
    TV memiliki beragam jenis warna mulai dari yang soft hingga yang mencolok, dan hal inilah yang membuat mata sangat mudah lelah terlebih ketika melihatnya dalam jarak yang dekat.
  3. Membaca Buku Sambil Tidur
    Ketika anda membaca buku, maka sebaiknya hindari membaca buku dengan posisi tidur karena hal ini juga dapat memicu rusaknya mata anda. Dan usahakan pada saat membaca sebaiknya menggunakan penerangan seperti lampu.

    Ingat biasakan menggunakan posisi yang paling tepat, ketika anda sedang membaca buku. Dan hidari kebiasaan buruk yang satu ini yakni membaca sambil tiduran. Karena ini akan memberikan dampak yang sangat buruk sekali terhadap mata anda, seperti  terjadinya rabun dekat.
  4. Menggosok atau mengucek mata
    Kulit di sekitar mata Anda adalah yang pertama kali menunjukkan penuaan, karena selain halus juga tidak memiliki banyak lemak. Jika Anda sering mengucek atau menggosok terlalu keras saat mata gatal atau terkena debu, maka pembuluh darah kecil pada bagian bawah mata akan pecah dan hal ini mampu menimbulkan lingkaran gelap di bawah mata atau bengkak. Lebih parah dari itu, bisa juga melemahkan kemampuan kelopak mata untuk berkedip.
  5. Melupakan kacamata
    Jika Anda sedang berkegiatan di luar ruang dan terpapar sinar matahari yang terik, selain sunblock, jangan lupa jika Anda juga membutuhkan kacamata hitam. Sinar UV adalah radikal bebas yang tidak hanya dapat merusak kulit namun juga mata Anda. Kacamata juga penting untuk Anda yang mengalami gangguan mata, dan jika Anda berulang kali tidak mengenakan kacamata, jangan salahkan jika penyakit akan bertambah parah.
  6. Merokok
    Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Bahkan mungkin bisa dibilang bahwa 95% dari rokok tidak memiliki kandungan manfaat untuk kesehatan. Untuk perokok aktif yang menghabiskan lebih dari 4 batang rokok per hari bisa mengembangkan risiko katarak, degenerasi makula, uveitis, mata kering, diabetes retinopati dan kebutaan.
  7. Kurangnya asupan nutrisi
    Makanan cepat saji dan minuman bersoda bukanlah makanan yang bisa menyelamatkan kesehatan Anda. Jika ingin sehat, maka buah dan sayur adalah pilihan yang tepat. Banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan mata Anda yang hanya bisa didapat dari buah dan sayur. Jadi, perbanyak porsi asupan gizi penting ini.
  8. Kurang tidur
    Salah satu kebiasaan yang mungkin dilakukan oleh seluruh orang dewasa adalah begadang. Hal ini bukan hanya buruk untuk kesehatan tubuh dan otak, namun juga berpengaruh besar terhadap kesehatan mata Anda. Jika mata lelah secara terus-menerus, tidak hanya akan menjadikan mata merah, pedih, dan kering, namun juga menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata dan pandangan kabur.
  9. Kurang minum
    Kurangnya asupan minum delapan gelas air per hari dapat menyebabkan tubuh Anda dehidrasi dan pada akhirnya tidak menghasilkan cukup air mata untuk menjaga mata Anda tetap lembab dan mendapatkan gizi seimbang. Gejala-mata terkait dehidrasi meliputi mata kering, kemerahan dan bengkak pada kelopak mata.

Jadi, jangan abaikan kebiasaan Anda yang tidak baik. Bisa jadi itu adalah jalan utama menuju gerbang penyakit dan gangguan mata. Segera periksakan ke dokter jika Anda mulai mengalami keluhan-keluhan pada mata ya.

0 komentar:

Posting Komentar