Minggu, 20 November 2016

Mengapa Telapak Tangan Dan Kaki Selalu Berkeringat ?

Palmar Hyperhidrosis dan Plantar Hyperhidrosis, mungkin istilah ini terdengar asing bagin kita, namun tanpa disadari kita sering menemukannya dalam kehidupan sehari-hari, atau bahkan kita mungkin salah satu orang yang mengalaminya. Palmar Hyperhidrosis adalah suatu gejala dimana telapak tangan kita selalu berkeringat dingin. Sedangkan Plantar Hyperhidrosis adalah suatu gejala dimana yang sering berkeringat adalah bagian telapak kaki.


Keduanya merupakan istilah medis dan merupakan bagian dari kelainan Hyperhidrosis. Hyperhidrosis sendiri sebenarnya kelainan dimana kita sering berkeringat dingin atau mengeluarkan keringat berlebih pada bagian tubuh tertentu, seperti area wajah terutama kening, ketiak, telapak tangan dan kaki, punggung, tanpa adanya suatu hal atau kondisi yang mendasari.

Dikutip dari laman Luvizhea.com - Hyperhidrosis pada dasarnya bukan merupakan suatu penyakit, hanya saja suatu kelainan pada jaringan kelenjar keringat pada bagian tubuh tertentu (bersifat lokal, tidak terjadi pada seluruh bagian tubuh). Tetapi bisa saja ini adalah gejala awal dari suatu penyakit tertentu, namun semua itu harus didasari dengan pemeriksaan yang lebih mendalam dan juga harus disertai gejala-gejala lain yang mungkin timbul.

Yang sering menjadi masalah dari Hyperhidrosis ini justru pada kepercayaan diri seseorang. Terutama pada Palmar Hyperhidrosis karena orang yang mengalaminya akan merasa minder atau malu saat berjabat tangan. Sedangkan pada Plantar Hyperhidrosis masalah yang sering terjadi adalah masalah bau kaki, hal ini terjadi karena telapak kaki yang selalu berkeringat dipakaikan sepatu yang tertutup menjadi tempat strategis berkembang biaknya bakteri-bakteri. Jadi semua masalah ini tentu akan berdampak negatif terhadap kehidupan sosial, pendidikan bahkan karier seseorang.

Apakah benar telapak tangan atau kaki selalu berkeringat merupakan gejala dari penyakit lemah jantung?

Memang banyak mitos atau opini yang beredar di masyarakat bahwa telapak tangan dan kaki yang selalu berkeringat selalu dikaitkan dengan sakit jantung, atau gejala dari penyakit lainnya seperti paru-paru basah.

Namun banyak diantara mereka setelah melakukan pemeriksaan, hasil diagnosanya adalah negatif. Yaitu bukan karena kelainan jantung, walaupun sebenarnya ada hubungannya dengan saluran jantung.

Penyakit jantung biasanya tidak hanya berdasarkan satu gejala saja (Telapak tangan berkeringat), melainkan diikuti beberapa gejala lain seperti :

  • Nyeri dada atau sesak nafas terutama saat aktivitas. 
  • Jantung berdebar-debar atau berdetak tidak teratur.
  • Bengkak pada kaki.
  • Batuk-batuk.
  • Mudah lelah.
  • Nafsu makan rendah.
  • Gangguan memori.
  • Memiliki faktor resiko penyakit jantung, misalnya: Hipertensi, Diabetes, kolesterol tinggi, merokok, dan lain sebagainya.
  • Pemeriksaan penunjang seperti Rekam jantung, Treadmill, USG jantung, yang mengarah ke sakit jantung.

 

27 komentar:

  1. Saya mengalami ini,telapak tangan saya sering berkeringat bahkan di cuaca yg dingin sekalipun kadang berkeringat jga serasa sangat mengganngu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tatik napas tahan semampunya keluarkan ulangi berkali2, tenangkan pikiran, hanya memusatkan pikiran pada udara yg dihirup, minum air putih hangat yg banyak pelan2 jangan buru2, makan2an yg hangat, waktu senggang minum jahe

      Hapus
    2. Cara mengatasi nya gimna? Tolong di bantu dong gan..

      Hapus
    3. Cara mengatasi nya gimna? Tolong di bantu dong gan..

      Hapus
  2. Anak sy mengalami kedua2nya,kaki dan tangan nya selalu berkeringat.meski dcuaca dingin pun msah keringat,in gejala ap ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu minum makan banyak yg hangat rutin Di waktu yg sama

      Hapus
  3. Saya hampir setiap hari mengalami tangan dan kaki berkeringat sampai2 saya tidak pede memakai sepatu di tempat kerja

    BalasHapus
  4. Saya juga sama.telapak tangan dan kaki saya pun selalu basah,tapi klo udh cuci tangan mah jadi biasa lagi. Ini gejala apa ya?

    BalasHapus
  5. saya juga ngalami seperti begini
    ini sangat menggangu saya

    BalasHapus
  6. Saya tlapk tangan berkeringat begitu juga tlpak kaki..ketika takut berdiri di tepi jurang.dan debar jantung kencang jika mendengar suara benda gerak di tengah malam sendirian.apakah ini suatu gejala penyakit.mks

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Saya juga sama telapak tangan dan kaki saya berkeringat bahkan tingkat keringatnya lebih banyak daripada biasanya di tempat dingin sekalipun saya berkeringat sangat banyak. Gejala apa yaa ini? Jantung atau paru2 basah??

    BalasHapus
  9. Telapak tangan dan kaki saya juga seperti ini kadang kadang berkeringatnya lebih banyak dari biasanya di tempat dingin pun seperti ini. Gejala apa ini dan apa yang akan terjadi kedepan nya?

    BalasHapus
  10. Ngilangin gimana ya, suka ga pede kalau mau salim juga,,,,

    BalasHapus
  11. Ngilangin gimana ya, suka ga pede kalau mau salim juga,,,,

    BalasHapus
  12. Bagaimana cara mengatasi nya?
    Karir saya hancur akibat kurang percaya diri dengan penyakit ini

    BalasHapus
  13. Adakah obat yg bisa atasi penyakit ini?

    BalasHapus
  14. Sy mengalami hal ini sejak kecil,, belakangan ini semenjak sering di ruangan ber-AC ,, akibatnya tangan sy sering dingin akibat reaksi keringat di tangan sy dg ruangan ber-AC yg cukup dingin ...

    BalasHapus
  15. Hindari hp yg panas karna itu salah satu penyebabnya

    BalasHapus
  16. Telapak tangan dan kaki sy jg sering berkeringat walau cuaca dingin dan ini mulai terjadi sejak sebulan kemarin hingga saat ini namun yg lebih banyak berkeringat adalah telapak tangan sy.
    Sy keseringan tidur larut malam dan telat makan, apakah hal itu berpengaruh dgn berkeringatnya tangan sy?

    BalasHapus
  17. Apa solusi nya dan apa obat nya??

    BalasHapus
  18. Sekedar saran,mungkin bermanfaat..
    Saya pun mengalami hal serupa,tangan kaki dan wajah mudah berkeringat bahkan ditempat ber ac sekalipun. Awalnya saya pun merasa ini sebuah gejala penyakit, namun setelah periksa(chek up) ke dokter alhamdulillah jantung sy tdk ada gangguan. Dokter hanya menyarankan istirahat yg cukup dan teratur serta hindari stress. Setelah pemeriksaan tsb, sy mulai lega dan mulai terbiasa dgn kondisi tsb. Setiap ad orang yg bertanya/mengganggap aneh kondisi keringat saya, saya sdh bisa dgn pede menjawabnya dan tdk lagi merasa minder.
    Saran saya :
    - periksa dahulu ke dokter perihal keringat berlebih tsb, krn bisa saja memang itu suatu gejala awal penyakit.
    - jika sdh diperiksa, biasakan membawa sapu tangan/handuk kecil tuk menyeka keringat tsb bilamana mulai mengganggu aktifitas kita.
    - hindari makanan pedas dan panas saat bekerja/aktifitas karena 2 hal tsb pastinya dapat memicu keluar keringat.
    - pola istirahat/hidup sehat dan manajemen stress diperbaiki agar tubuh kita senantiasa bugar dan sehat.

    Salam sehat tuk kita semua, sebagai orang bertangan dingin😊..👌

    BalasHapus
  19. Telapak tangan saya sering bekeringat saat cuaca dingin pun, nafsu makan kurang, dan sering tiba tiba dada sakit. Apa solusi nya?

    BalasHapus
  20. Tangan saya tiba-tiba masih saat memasuki ruangan berAC itu kira-kira apa solusinyaa?

    BalasHapus
  21. Telapak tangan dan telapak kaki saya selalu berkeringat beberapa bulan ini, dan sering pusing, kurangnya nafsu makan itu knapa ya?

    BalasHapus
  22. Disini ada obat tradisionalnya gak yh

    BalasHapus